Saturday, March 26, 2016

Review puisi

Review puisi (sutardji calzoum bachri)
Oleh kumala sakti wibowo

TAPI
aku bawakan bunga padamu
                   tapi kau bilang masih
aku bawakan resah padamu
                   tapi kau bilang hanya
aku bawakan darahku padamu
                   tapi kau bilang cuma
aku bawakan mimpiku padamu
                   tapi kau bilang meski
aku bawakan dukaku padamu
                   tapi kau bilang tapi
aku bawakan mayatku padmu
                   tapi kau bilang hampir
aku bawakan arwahku padamu
                   tapi kau bilang kalau
tanpa apa aku datang padamu
                   wah!
                                  Sutardji Calzoum Bachri,
                                  1981

Puisi karya Sutardji Calzoum Bachri ini bermakna tentang kehidupan, bahwa manusia sendiri adalah makhluk Sang Pencipta yang mempunyai segala kekurangan dan kelebihan. Dimana manusia sendiri sering merasa kekurangan dan tidak pernah merasa puas dalam segala hal. Puisi ini memaknai bahwa kita sebagai manusia harus memilik rasa syukur terhadap ciptaan Allah Swt. Dalam puisi ini juga mengunggunakan kata bahasa yang bagus dan memiliki arti yang luar biasa. Puisi berjudul “Tapi” ini mengumpamakan hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta dan masih terjadi di lingkungan sekitar. 

No comments:

Post a Comment