Nuansa Beauty
14321191
Deskripsi buku
Judul : Media Pembelajaran
Pengarang : Prof. Dr. Azhar Arsyad,
M.A
Penerbit : Rajawali Pers
Tahun Terbit :2013
Tebal Buku :242 halaman
Bidang pendidikan secara umum banyak
terpengaruh oleh adanya perkembangan dan
penemuan-penemuan dalam bidang keterampilan, ilmu, dan teknologi.
Pengaruh perkembangan tersebut tampak jelas dalam upaya pembaruan sistem
pendidikan dan pembelajaran. Maka dari itu tumbuhlah kesadaran terhadap
pentingnya pengembangan media pembelajaran. Berbagai jalan ditempuh untuk
mengembangan media pembelajaran. Buku media pembelajaran karya Prof. Dr. Azhar
Arsyad, M.A memberikan pencerahan bagaimana mengembangkan media pembelajaran.
Kata media berasal dari bahasa latin
medius yang secara harfiah berarti “tengah”, “perantara”, atau “pengantar”.
Dalam bahasa Arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim
kepada penerima pesan. Secara luas,
guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus,
pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai
alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan
menyusun embali informasi visual atau verbal.
Batasan lain telah dikemukakan pula
dikemukakan oleh para ahli yang sebagian dia antaranya akan diberikan berikut :
·
AECT (Association of Education and Communication Technology,
1977) memberi batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang
digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi.
·
Fleming ( 1987: 234)
mengartikan media adalah penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua
pihak dan mendamaikannya.
·
Heinich dan kawan – kawannya mengemukakan Istilah medium
sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima. Jadi,
telivisi, foto, radio, rekaman audio, gambar yang diproyeksikan, bahan – bahan
cetakan dan sejenisnya adalah media komunikasi.
Ciri-ciri umum batasan tentang media
dikemukakan sebagai berikut:
1.
Media memiliki pengertian fisik yang umum dikenal sebagai
hardware
2.
Media memiliki pengertian nonfisik yang umum dikenal sebagai
software
3.
Penekanan media terdapat pada visual dan audio
4.
Media memiliki pengertian sebagai alat bantu pada proses
belajar
5.
Media digunakan sebagai sarana komunikasi dan interaksi
antara guru dengan peserta didik
6.
Media digunakan secara masal
7.
Sikap, perbuatan, organisasi, strategi, dan manajemen yang
berhubungan dengan penerapan suatu ilmu.
CIRI-CIRI
MEDIA PENDIDIKAN
Gerlach & Ely mengemukakan tiga
ciri media, yaitu:
a)
Ciri Fiksatif (Fixative Property)
Ciri ini
menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan
merekronstuksi suatu peristiwa atau objek yang dapat diurutkan dan disusun kembali dengan perantara media
film, fotografi, video tape, audio tape,dan disket komputer. Dengan ciri ini
memungkinkan suatu rekaman kejadian atau obyek yang terjadi pada satu waktu
tertentu ditransportasikan tanpa mengenal lelah.
b)
Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
Suatu kejadian
atau objek yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam
waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar time-lapse recording, yakni hanya mengambil
bagian-bagian penting dan memotong yang tidak diperlukan. Misalnya proses larva
menjadi kepompong kemudian menjadi kupu – kupu dapat dipercepat dengan teknik
rekaman fotografi tersebut.
c)
Ciri Distributif (Distributive Property)
Memungkinkan
suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan
kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus
pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.
FUNGSI
DAN MANFAAT MEDIA PENDIDIKAN
Dalam proses belajar mengajar, dua unsur
yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Salah satu
fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat Bantu mengajar yang turut
mempengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan
oleh guru.
Hamalik (1986) mengemukakan bahwa
pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan
keinginan dan minat yang baru membangkitkan motifasi dan rangsangan kegiatan
belajar, dan bahkan membawa pengaruh – pengaruh
psikologis terhadap siswa.
Levie dan lentz (1982) mengemukakan
empat fungsi media pembelajaran , khususnya media visual yaitu:
a)
Fungsi atensi yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa
untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual
yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b)
Fungsi afektif media
visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau
membaca) teks yang bergambar.
c)
Fungsi kognitif media
visual terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang
visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat
informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
d)
Fungsi kompensatori media visual yang memberikan konteks
untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk
mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
Dapat disimpulkan bahwa manfaat praktis
dari penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, yaitu:
1.
Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan
informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil
belajar.
2.
Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan
perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang
lebih langsung antara siswa dan lingkungannya,dan kemungkinan siswa dapat
sendiri – sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
3.
Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan
indera,ruang,dan waktu;
a)
Objek atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan
langsung diruang kelas dapat diganti dengan gambar, foto, slide, realita, film,
radio, atau model.
b)
Objek atau benda yang
terlalu kecil yang tidak tampak oleh indera dapat disajikan dengan bantuan
mikroskop, film, slide, atau gambar.
c)
Kejadian langka yang terjadi di masa lalu atau terjadi
sekali dalam puluhan tahun dapat ditampilkan melalui rekaman video, film, foto,
slide disamping secara verbal.
d)
Objek atau proses yang amat rumit seperti peredaran darah
dapat ditampilkan secara konkret melalui film, gambar, slide, atau simulasi
komputer.
e)
Kejadian atau percobaan yang dapat membahayakan dapat
disimulasikan dengan media seperti komputer, film, dan video.
f)
Peristiwa alam seperti terjadinya letusan gunung berapi atau
proses yang dalam kenyataan memakan waktu lama seperti kepompong menjadi kupu –
kupu dapat disajikan dengan teknik rekaman seperti time-lapse untuk film,
video, slide, atau simulasi komputer.
PENGENALAN
BEBERAPA MEDIA
Media pembelajaran merupakan komponen
instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dalam perkembangannya
media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Berdasarkan perkembangan
teknologi tersebut media pembelajaran dikelompokkan kedalam empat kelompok,
yaitu:
1.
Media hasil teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan
atau menyampaikan materi, seperti buku, foto, grafik. Teknologi cetak mempunyai
ciri-ciri sebagai berikut:
a)
Teks dibaca secara linear ,sedangkan visual diamati
berdasarkan ruang
b)
Baik teks maupun visual menampilkan komunikasi satu arah dan
reseptif
c)
Teks dan visual ditampilkan statis (diam)
d)
Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip
kebahasaan dan persepsi visual
e)
Baik teks maupun visual beorientasi (berpusat) pada siswa
f)
Informasi dapat diatur kembali atau didata ulang oleh
pemakai.
2.
Media hasil teknologi audio visual adalah cara menghasilkan
atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin- mesin mekanis dan elektronik
untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Sedangkan ciri- ciri utama teknologi
media audio visual, yaitu:
a)
Bersifat linear
b)
Biasanya menyajikan visual yang dinamis
c)
Menggunakan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh
perancang/ pembuatnya
d)
Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau gagasan
abstrak
e)
Dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan
kognitif
f)
Umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat
pelibatan interaktif murid yang rendah.
3.
Media hasil teknologi yang berdasarkan komputer merupakan
cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber- sumber
yang berbasis mikro–prosesor (dalam media ini materi/informasi disimpan dalam
bentuk digital bukan cetak atau visual) adapun beberapa ciri media yang
dihasilkan teknologi berbasis komputer (baik perangkat keras atau lunak),
yaitu:
a)
digunakan secara acak,non-sekuensial, atau secara linear
b)
dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan
keinginan perancang /pengembang sebagai mana di rencanakanya
c)
Gagasan – gagasan yang disa jikan dalam gaya abstrak dengan
kata- kata symbol dan grafik
d)
Prinsip- prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini
e)
Pembelajaran dapat berorientasi pada siswa dan melibatkan
interaktifitas siswa yang tinggi.
4.
Media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer adalah
cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian
beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh komputer. Adapun beberapa ciri
utama ini, yaitu:
a)
Dapat digunakan secara acak, sekuensial, secara linear
b)
Dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan hanya
dengan cara yang direcanakan dan dirancang oleh perancangnya
c)
Gagasan–gagasan sering disajikan secara realistik dalam
konteks pengalaman siswa, menurut apa yang relevan dengan siswa, dan dibawah
pengendalian siswa
d)
Prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam
pengembangan dan penggunaan pelajaran
e)
Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga
pengetahuan dikusai jika pelajaran itu digunakan
f)
Bahan –bahan pelajaran melibatkan banyak interaktifitas
siswa
g)
Bahan –bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari
berbagai sumber.
Adapun masing – masing dari media yang
telah disebutkan di atas pastilah mempunyai kekurangan dan kelebihan dimana
masing – masing mempunyai kelemahan dan keunggulan tersendiri.
PEMILIHAN
MEDIA
Pembelajaran yang efektif memerlukan
perencanaan yang baik, sama halnya dengan media yang digunakan. Heinich dan
kawan – kawan mengajukan model perencanaan media yang efektif yang dikenal dengan istilah ASSURE. ASSURE
adalah singkatan dari:
Analyze
learning character, yaitu menganalisis karakter umum kelompok sasaran
State
objective, yaitu menyatakan atau merumuskan tujuan
pembelajaran
Select
or modify media, yaitu memilih,
memodifikasi, atau merencanakan dan mengembangkan materi dan media yang tepat.
Utilize, yaitu
menggunakan materi dan media
Require
learner response, yaitu meminta tanggapan dari siswa
Evaluate, yaitu
mengevaluasi proses belajar.
Pada tingkat yang menyeluruh dan umum
pemilihan media dapat dilakukan dengan mempertimbangkan faktor- faktor berikut:
a)
Hambatan pengembangan dan pembelajaran yang meliputi
faktor-faktor dana, fasilitas dan peralatan yang telah tersedia, waktu yang
tersedia (waktu mengajar dan pengembangan materi dan media), sumber –sumber
yang tersedia (manusia dan material).
b)
Persyaratan isi, tugas dan jenis pembelajaran isi pelajaran
beragam dari sisi tugas yang ingin dilakukan siswa, misalnya penghafalan,
penerapan keterampilan atau penalaran dan pemikiran tingkatan yang lebih
tinggi. Setiap katagori pembelajaran itu menuntut perilaku yang berbeda –beda
dan dengan demikian akan memerlukan tehnik dan media penyajian yang berbeda
pula
c)
Hambatan dari sisi siswa dengan mempertimbangkan kemampuan
dan keterampilan awal, seperti membaca, mengetik dan menggunakan komputer, dan
karakteristik siswa lainnya.
d)
Pertimbangan lainnya adalah tingkat kesenangan (preferensi
lembaga, guru, dan pelajar) dan keefektifan biaya
e)
Pemilihan media sebaiknya mempertimbangkan pula:
·
Kemampuan mengakomodasikan penyajian stimulus yang tepat
(visual dan /atau audio)
·
Kemampuan mengakomodasikan respons siswa yang tepat
(tertulis ,audio, dan/atau kegiatan fisik)
·
Kemampuan mengakomodasikan umpan balik
·
Pemilihan media utama dan media sekunder untuk penyajian
informasi atau stimulus, dan untuk latihan dan tes
f)
Media sekunder harus mendapat perhatian karena pembelajaran
yang berhasil menggunakan media yang beragam dengan menggunakan media yang
beragam, siswa memiliki kesempatan untuk menghubungkan dan berinteraksi dengan
media yang paling efektif sesuai dengan kebutuhan mereka secara perorangan.
No comments:
Post a Comment