OLEH: NUR AMANAH ILHAM ATJO
JUDUL BUKU: MEDIA RELATIONS: KONSEP, PENDEKATAN, DAN PRAKTIK
TAHUN TERBIT: 2011
PENERBIT: SIMBIOSA REKATAMA MEDIA
JUMLAH HALAMAN: 248
Buku karya Yosal Iriantara ini
ialah buku yang membahas konsep-konsep dasar PR yang perlu dipahami dalam upaya
menjalin hubungan yang baik dengan media massa. Yosal Iriantara menulis buku
ini dengan alasan perubahan yang terjadi pada komunikasi di Indonesia dan juga
memenuhi kebutuhan mahasiswa pada buku pegangan dalam mengikuti perkuliahan
media relations atau mata kuliah publik internal dan publik eksternal. Karena mengacu
pada tujuan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, banyak hal yang dapat diporelah
dalam buku ini karena buku ini terdapat banyak hal praktis. Kemudian dalam buku
ini dibahas beberapa pendekatan yang lazim dilakukan dalam media relations. Dan
juga dalam buku ini ditunjukkan beberapa contoh praktis kegiatan media
relations, termasuk contoh media relations dalam situasi krisis.
Melihat dari sisi cover, buku ini
terlihata menarik perhatian dimana terdapat perpaduan warna kuning dan biru dan
juga font yang digunakan serta foto sampul yang ditampilkan sangat sederhana
tapi menarik perhatian. Kemudian pada halaman awal ditampilkan kutipan yang
berkaitan dengan pembahasan buku ini yaitu “Good Communication is as
stimulating as black coffee, and just as hard to sleep after”. Kutipan dari
Anne Morrow Linberg yang berarti bahwa
komunikasi yang baik adalah seperti rangsangan dari kopi hitam dan hanya akan
sulit tidur setelah itu, sederhana dan unik.
Buku ini sangat penting dibaca
oleh para mahasiswa PR, kemudian juga lulusan program studi PR yang akan
berkecimpung didunia PR, para konsultan PR dan juga para peminat PR. Dalam buku
ini terbagi menjadi 3 bagian yang dibagi lagi menjadi beberapa bab yaitu pada
bab 1 membahas lengkap mengenai seluk beluk sejarah media relations yaitu perubahan
sejarah dari press relations menjadi media relations, kemudian bagaimana media
relations itu sendiri dan juga apa saja yang ada dibalik media relations. Dengan
penjelasan yang singkat, rinci dan sangat jelas ditambah dengan fakta serta
data yang didukung, pada bab 1 ini, para pembaca mungkin dapat lebih cepat
dalam mencerna penjelasan yang ditulis dalam buku Yosal Iriantara ini. Kemudian
pada bab 2 membahas mengenai media relations itu sendiri, yaitu media relation
dalam public relations, pengertian media relations praktik media relations dan
teknik-teknik media relations. Dengan total halaman pada bab ini yaitu 19
halaman, yang sangat cukup untuk membuat
para pembaca memahami tentang media relations, ditambah lagi dengan contoh
kasus yang ada. Dan pada bab 3 membahas mengenai proses media relations, dimana
terdapat bagian Perencanaan yang merinci dengan point Analisis Lingkungan
Internal Organisasi, Analisis SWOT, Model Perencanaan Rope, Model Perencanaan
Kisi-kisi Perencanaan, kemudian dilanjut dengan implementasi dan yang terakhir
evaluasi. Bab ini juga menjelaskan secara rinci mengenai proses-proses yang
dilakukan dalam media relations dan tidak lupa pula cara praktis dan contoh
kasus atau contoh perencanaan, implementas dan evaluasi yang dilakukan oleh
suatu organisasi.
Bagian kedua dalam buku ini
membahas mengenai Pendekatan Media Relations dengan bab 4 yaitu Strategi media
relations yang mengulas banyak tentang bagaimana mengelola relasi,
mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Dimana 18 halaman ini mampu
memberikan suatu inspirasi atau cara bagi pembaca dalam menggunakan strategi
media relations, kemudian juga bagaimana Media Relations dan Manajemen Reputasi
serta bagaimana menjaga reputasi suatu organisasi melalui media relations ini. Tentunya,
reputasi sangat penting dilakukan bagi suatu organisasi dalam meningkatkan citra
kepada publiknya. dan juga bab terakhir pada bagian ini membahas mengenai media
baru dan media relations dimana menjelaskan tentang apa itu media baru,
tantangan yang dihadapi dari adanya media baru serta penjelasan mengenai
praktik PR dan media baru. Bagian ini merupakan salah satu bagian yang penting
untuk dipahami oleh pembaca khususnya bagi para praktisi PR, dosen atau
mahasiswa yang berkecimpung didunia PR. Tidak
beda dari bagian dan bab-bab sebelumnya, bagian ini juga disediakan suatu
contoh kasus dan cerita dari sebuah organisasi mengenai media relations agar
para pembaca dapat belajar dari pengalaman organisasi tersebut melalui cerita
dan contoh kasus yang dijelaskan dalam buku ini.
Pada bagian ketiga buku ini atau
bagian terakhir dengan 3 bab yang menjelaskan mengenai Praktik Media Relations.
Dimana pada bab 7 menjelaskan mengenai bagaimana menjalin hubungan media yang
terbagi menjadi Mediascape Indonesia dimana pada bagian ini menjelaskan
bagaimana penggambaran media yang ada di Indonesia, agar para pembaca tahu
bagaimana media yang akan dijadikan relasi nantinya, kemudian kebutuhan media,
cara kerja media, menyusun daftar media, kode etik media dan karya-karya media.
Dengan total penjelasan sebanyak 28 halaman, bab ini sangat detail menjelaskan
mengenai media itu sendiri. Kemudian bab 8 membahas mengenai media relations
pada saat krisis. Yang terbagi atas dua subbab yaitu penanganan krisis dan
contoh rencana media relations dalam krisis, yang isinya banyak membahas
mengenai krisis serta cara-cara menangani krisis. Kemudian pada bab terakhir
yang membahas mengenai dimensi teknis media relations yang terbagi menjadi
subbab yaitu Publisistas, Menulis Siaran Pers Menjadi Sumber Informasi Media
Massa, Menyiapkan Konferensi Pers, dan juga beberapa saram. Bagian ini
menjelaskan mengenai bagaimana seorang PR melakukan hubungan dengan media
dengan beberapa teknis, dengan menjelaskan bagaimana cara menulis siaran pers
ketika ada event atau pun terjadi krisis dari suatu organisasi, bagaimana PR
dari suatu organisasi menjadi sumber informasi dari berbagai media massa serta
bagaimana membuat konferensi pers dengan media yang dijelaskan melaului
beberapa tips.
Selain penjelasan yang rinci pada
3 bagian besar yang ditulis Yosal Iriantara, dalam buku ini juga terdapat
Glosarium atau dapat dikatakan kamus kecil untuk memahami kosakata-kosakata
yang ada dalam dunia PR. Kosakata tersebut disertakan dengan penjelasan
mengenai arti dari kosakata itu sendiri. Dan juga terdapat indeks mengenai
kata-kata yang paling sering muncul dalam dunia PR dan dapat dicari pada
halaman berapa kata-kata itu berada.
Buku ini sangat lengkap dan
direkomendasikan untuk para peminat PR baik itu dosen, konsultan PR, pekerja PR
dan juga mahasiswa.
No comments:
Post a Comment