Friday, April 1, 2016

RESENSI BUKU



RESENSI BUKU "MEDIA SOSIAL BARU"
By: FADILATUL ULFA CHUROTA'AYUN

Judul Buku : Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi
Jumlah Halaman : 140 + xii Halaman       
 Nama Pengarang : Nurudin
Tahun Terbit : 2012
Nama Penerbit : Buku Litera, Yogyakarta

Media komunikasi adalah jembatan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan. Berbagai jenis media mulai dari media cetak, audio visual hingga media sosial (sosmed). Media sosial (Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, Path dan lain-lain ) telah membawa perubahan dalam proses komunikasi manusia. Proses komunikasi yang selama ini dilakukan hanya melalui komunikasi tatap muka, komunikasi kelompok, komunikasi massa, berubah total dengan  perkembangan teknologi komunikasi, khususnya internet. Perubahan itu membuat manusia tidak perlu lagi berkomunikasi tatap muka dan lain sebagainya, tinggal menggunakan media sosial seperti facebook dengan duduk tanpa perlu ketemu langsung dengan orangnya sudah bisa melakukan komunikasi.
Buku “Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi” akan mengupas berbagai macam pokok persoalan yang ada dalam dunia komunikasi. Pada Bab I, pembaca akan diajak masuk kedalam sebuah ranah dan konsep berpikir mengenai beberapa hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini. Lalu Fenomena media sosial yang saat ini bisa menjadi antithesis dari teori-teori komunikasi massa yang selama ini dikenalkan dalam kajian komunikasi.
Bab II, penulis sengaja memaparkan sedikit banyak tentang metode penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini. Tujuan agar pembahasannya tidak panjang lebar sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya. Bab III, pada bagian ini dikemukakan beberapa konsep dan teori utama dari penelitian. Pada bab III juga dilampirkan hasil penelitian terdahulu yang dianggap sesuai dengan kajian ini. Yang terpenting dari kajian teori ini adalah Teknologi Komunikasi yang mempengaruhi perkembangan perubahan penyebaran pesan, Determinisme Teknologi, Imperealisme media sosial, media sosial dan virtual reality, sampai pro dan kontra media sosial.
 Bab IV, kita sebagai pembaca akan diajak untuk mengetahui sejarah sampai istilah yang sering digunakan dalam media sosial dengan tujuan agar kita bisa memahami secara mendalam media sosial serta dampak yang ditimbulkannya. Bab V, terdapat hasil dan pembahasan dari penelitian yang telah dilakukan, disini penulis mencoba menganalisis semua data yang telah dikumpulkan, kemudian mendiskusikannya dengan beberapa teori yang relevan. Kita sebagai pembaca akan memahami bagaimana terjadinya proses komunikasi dengan terjadinya perubahan aktivitas berkomunikasi, hingga cara berkomunikasi masyarakat modern dengan menggunakan media sosial, yang berimplikasi pada gaya baru masyarakat modern.
Bab VI, pada pembahasan di bab VI berusaha menyimpulkan hasil penelitian dengan berbagai macam hasil temuan selama penelitian diantaranya ; (1) revolusi proses penyebaran pesan yang dilakukan media sosial adalah proses pesan yang awalnya berjalan (one step flow) sebagaimana yang telah dilakukan oleh mainstream media menjadi banyak tahap (multi step flow ), (2) Jumlah lalu lintas pesan yang beredar akibat media sosial sangat meningkat tajam menembus ruang dan waktu. (3) sebagai bukti bahwa komunikasi interpersonal perlu ada konstruksi baru, dengan perantaraan teknologi komunikasi (yang didalamnya da media sosial), bahkan teori komunikasi massa juga mengalami perkembangan baru. Pentingnya buku ini untuk dibaca, karena buku ini akan memahamkan kita pada perubahan proses penyampaian pesan yang berdampak drastis bagi masyarakat modern. Karena teknologi yang sedang berkembang saat ini sudah tidak bisa terbendung lagi yang memang sebagian besar dari teknologi tersebut ada yang berbenturan dengan system kebudayaan yang ada di belahan dunia ketiga. Buku ini membuat para pembaca akan selalu berhati-hati terhadap dampak dari media sosial.

No comments:

Post a Comment