Friday, April 1, 2016

Resensi Film

Aulia Rizki Indriana
14321082




Judul : Nightcrawler
Sutradara : Dan Gilroy
Genre : Thriller
Pemain : Jake Gyllenhaal, Rene Russo, Riz Ahmed, Bill Paxton, Ann Cusack, Kevin Rahm, Kathleen York, Kiff Vanden Heuvel
Rilis : 2014
Durasi : 117 Menit

Film Nightcrawler adalah Film Hollywood bergenre Thriller yang menceritakan tentang Lou Bloom (Jake Gyllenhaal), seorang reporter malam yang menjual berita kepada stasiun TV. Lou Bloom (Jake Gyllenhaal), seorang pria pengangguran yang menghabiskan malam untuk mencuri besi dan kawat untuk dijual kembali. Ia sudah berkali-kali mencoba untuk mencari pekerjaan, namun tampaknya keberuntungan belum berpihak padanya.  Suatu hari, telah terjadi kecelakaan dan kebetulan Lou Bloom berada di dekat kejadian. Dia pun mendapatkan ide tentang pekerjaan jurnalis berita kriminal. Hasil jepretan dan berita yang Lou Bloom dapatkan membuat salah satu stasiun TV tertarik untuk memberinya pekerjaan dan penawaran ini disambut baik olehnya.

Nina (Rene Russo), seorang direktur sebuah acara berita pagi yang tertarik dengan hasil yang Lou Bloom dapatkan sehingga mendorongnya untuk mencari lebih banyak berita. Los Angeles menjadi bersahabat dengan Lou Bloom karena dia banyak mendapatkan bahan untuk diberikan kepada redaksi. Kemampuannya semakin terasah hingga tak jarang dia menelisik lebih dalam terhadap suatu kasus yang rumit dan belum di pecahkan oleh jurnalis manapun.

Namun tindakan Lou Bloom ini rupanya memancing kecurigaan polisi, dikhawatirkan ia menyimpan sesuatu bukti yang seharusnya diketahui oleh pihak berwenang. Kegilaannya akan hasil liputan yang maksimal membuatnya tak jarang merekondisi tempat kejadian dan melakukan cara-cara licik untuk menaikkan rating dan pamor acara TV tersebut. Dalam pekerjaannya ia tidak sendiri, ia ditemani oleh Rick (Riz Ahmed). Polisi semakin curiga karena Lou sering datang lebih dulu di lokasi kejadian. Lambat laun Lou semakin berambisi menjadi sukses, hingga mulai berbuat curang terhadap musuh, rekan serta polisi.

Menurut saya, film ini memiliki cerita yang sangat fantastis. Menceritakan bagaimana seorang reporter yang ingin memberikan hasil terbaik dengan menghalalkan segala cara baik itu menggunakan cara curang sekalipun. Kesuksesan film ini tidak hanya bertumpu pada ide cerita dan penyutradaraan, tetapi juga pada peran yang dimainkan Jake Gyllenhaal sehingga benar-benar memperlihatkan sosok Lou Bloom yang aneh, manipulatif, jenius dan psikopat. Musik nya juga patut diacungi jempol karena ikut membuat penonton merinding. Film ini jelas membekas di ingatan. Banyak pesan-pesan yang disampaikan secara terang-terangan lewat mulut Lou Bloom dalam hal mengejar kesuksesan. Dalam film ini juga menyampaikan pesan bagaimana orang melakukan tindakan-tindakan curang dan berani menghalalkan segala cara agar dapat mencapai suatu kesuksesan. 

No comments:

Post a Comment