Friday, April 1, 2016

RESENSI BUKU



RESENSI BUKU “JURNALISTIK ONLINE” 
oleh Gandhis Nira Qonita

JUDUL           : JURNALISTIK ONLINE : Panduan Praktis Mengelola Media Online  (Dilengkapi Kiat Blogger, Teknik SEO, dan Tips Media Sosial)
Penulis            : ASEP SYAMSUL M. ROMLI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEip-x0EojvJgOJIn2pkMIWTMpgRTCfh8WTrus3L9Gyo0vJlsZ-sQFu7wFtDw5hezr_WMPKNGtFijCxNUXhtkF8AJ-BRSJ0IanGn0v3DxVMWB682oFFc-35zXoWLQ827KzdEzjGGmRbsAQlL/s1600/Jurnalistik+Online.jpg
Penerbit          : BANDUNG, NUANSA, 2012.

                Perkembangan zaman saat ini memudahkan kita untuk melakukan apapun. Salah satunya yaitu adanya teknologi internet. Masyarakat modern sangat erat kaitannya dengan teknologi internet. Internet memudahkan seseorang untuk mendapatkan berbagai informasi dan menambah pengetahuan. Banyak sekali kegiatan yang dapat kita lakukan dengan internet. Salah satunya yaitu kegiatan jurnalistik. Jurnalistik adalah kegiatan untuk menyiapkan, mengedit, dan menulis untuk surat kabar, majalah, atau berkala lainnya. Melalui internet, kegiatan junalistik sangat dimudahkan. Internet telah membuka peluang kepada penulis. Internet telah membuka peluang kepada para penulis, termsuk jurnalis independen yang banyak mewartakan masalah-masalah sosial. Salah satu sumber informasi yang tidak lepas dari kehidupan kita adalah media massa berbasis web. Media massa berbasis web disebut juga media online seperti detik.com, kompasiana, dll. Oleh karena itu, para jurnalis berlomba-lomba mengisi timeline media online. Namun tak jarang para penulis kurang memerhatikan bagaimana cara menulis sebuah berita yang baik dan benar.

Melalui buku berhalaman 127 ini, Asep Syamsul berbagi cara bagaimana menjadi jurnalistik online yang baik. Buku ini berisi 10 bab pembahasan termasuk tujuh halaman indeks dan tiga halaman tentang penulis. Asep menyatakan bahwa membuat suatu media online tidaklah sulit. Cukup dengan layanan blogging gratis semacam Blogger atau WordPress kita dapat memulainya. Tetapi harus diakui bahwa tidak setiap kegiatan tulis-menulis, termasuk liputan visualnya memiliki memiliki mutu jurnalisme yang baik. Bahkan terdapat banyak informasi, terutama dari pemberitaan media Cyber, tergolong rendah mutunya. Oleh karena itu, Buku Jurnalistik Online harus diketahui secara baik, menyeluruh dan praktis sebagai panduan kerja para jurnalis. Karya Asep Syamsul M. Romli merupakan bagian terpentig untuk melayani kebutuhan para jurnalis online. Berbeda dengan buku panduan jurnalistik pra-cyber, tentu saja buku ini terdapat banyak materi yang baru dan dengan itu pula kita dapatkan manfaat dasar-dasar kerja sehingga kita bisa mempraktikkan secara baik.

Jurnalistik Online berbeda dengan kegiatan jurnalis lainnya. Sehingga pada bagian pertama banyak dibahas tentang pengertian jurnalistik online, prinsi, karakterisitk serta sejarah jurnalistik online. Hal ini dapat menambah wawasan para penulis sebelum memulai terjun di media online. kita juga mengenal istilah kegiatan jurnalisme kewargaan yang sangat lekat dengan kegiatan hobi para penulis independen tetapi memiliki minat yang tinggi untuk mewartakan situasi atau kejadian. Istilah Citizen Jurnalisme kemudian menjadi bagian penting yang harus diketahui kita semua. Pada bagian kedua kita akan mendapatkan penjelasan tersebut secara mendasar dan simple apa itu Citizen Journalism.

Media online merupakan produk jurnalistik online atau cyber journalisme yang didefinisikan sebagai ‘pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet” (halaman 30a). Pada bab ketiga buku ini banyak memberi penjelasan mengenai media online. Mulai jenis-jenis media online, karakteristik media online, manajemen konten, dan kredibilitas media online. Karena setiap kegiatan jurnalis tidak terlepas dari etika, maka bab selanjutnya memberikan pengetahuan secara khusus mengenai kode-etiknya secara detail. Dengan menyimak bagian ini, kita akan memahami bahwa jurnalisme personal, atau Citizen Jurnalisme itu bukan berarti lepas etika dan tanggungjawab. Pada bab kelima dan keenam, penulis kemudian menjelaskan beragam karakter tulisan, teknik penulisan, dan juga gaya penulisan yang perlu dipahami oleh kita semua. Penulis menekankan pada penggunaan bahasa jurnalistik yang berkarakter sederhana, mudah dimengerti dan hemat kata.  Setelah memahami karakter penulisan, pada bagian tujuh dan delapan kita akan diperkenalkan teknik-teknik untuk publikasi pewartaan memakai perangkat teknologi internet yang lazim digunakan untuk publikasi.  Tips dan trik Blogging, SEO, dan tak ketinggalan pada bagian delapan disajikan ulasan strategi pengelolaan menjadi jurnalis di era cyber. Selanjutnya, pada bagian sepuluh kita akan mendapatkan tambahan pengetahuan tentang Radio dan TV-Online yang nota-bene sekarang menjadi bagian dari jurnalisme online.

Buku ini dikemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Menjadi kelebihan tersendiri karena penulis mampu menyajikan pengetahuan yang bermanfaat menjadi 127 halaman yang menarik. Buku ini sangat bermanfaat bagi pemula yang akan menekuni bidang jurnalistik online. Bisa juga dijadikan pedoman kerja bagi para pengelola blog independen maupun blog komunitas.

No comments:

Post a Comment