Friday, April 1, 2016

Resensi Buku

RESENSI BUKU MEDIA RELATIONS
OLEH: NUR AMANAH ILHAM ATJO

JUDUL BUKU: MEDIA RELATIONS: KONSEP, PENDEKATAN, DAN PRAKTIK
TAHUN TERBIT: 2011
PENERBIT: SIMBIOSA REKATAMA MEDIA
JUMLAH HALAMAN: 248


Buku karya Yosal Iriantara ini ialah buku yang membahas konsep-konsep dasar PR yang perlu dipahami dalam upaya menjalin hubungan yang baik dengan media massa. Yosal Iriantara menulis buku ini dengan alasan perubahan yang terjadi pada komunikasi di Indonesia dan juga memenuhi kebutuhan mahasiswa pada buku pegangan dalam mengikuti perkuliahan media relations atau mata kuliah publik internal dan publik eksternal. Karena mengacu pada tujuan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, banyak hal yang dapat diporelah dalam buku ini karena buku ini terdapat banyak hal praktis. Kemudian dalam buku ini dibahas beberapa pendekatan yang lazim dilakukan dalam media relations. Dan juga dalam buku ini ditunjukkan beberapa contoh praktis kegiatan media relations, termasuk contoh media relations dalam situasi krisis.
Melihat dari sisi cover, buku ini terlihata menarik perhatian dimana terdapat perpaduan warna kuning dan biru dan juga font yang digunakan serta foto sampul yang ditampilkan sangat sederhana tapi menarik perhatian. Kemudian pada halaman awal ditampilkan kutipan yang berkaitan dengan pembahasan buku ini yaitu “Good Communication is as stimulating as black coffee, and just as hard to sleep after”. Kutipan dari Anne Morrow Linberg yang  berarti bahwa komunikasi yang baik adalah seperti rangsangan dari kopi hitam dan hanya akan sulit tidur setelah itu, sederhana dan unik.
Buku ini sangat penting dibaca oleh para mahasiswa PR, kemudian juga lulusan program studi PR yang akan berkecimpung didunia PR, para konsultan PR dan juga para peminat PR. Dalam buku ini terbagi menjadi 3 bagian yang dibagi lagi menjadi beberapa bab yaitu pada bab 1 membahas lengkap mengenai seluk beluk sejarah media relations yaitu perubahan sejarah dari press relations menjadi media relations, kemudian bagaimana media relations itu sendiri dan juga apa saja yang ada dibalik media relations. Dengan penjelasan yang singkat, rinci dan sangat jelas ditambah dengan fakta serta data yang didukung, pada bab 1 ini, para pembaca mungkin dapat lebih cepat dalam mencerna penjelasan yang ditulis dalam buku Yosal Iriantara ini. Kemudian pada bab 2 membahas mengenai media relations itu sendiri, yaitu media relation dalam public relations, pengertian media relations praktik media relations dan teknik-teknik media relations. Dengan total halaman pada bab ini yaitu 19 halaman, yang sangat cukup untuk  membuat para pembaca memahami tentang media relations, ditambah lagi dengan contoh kasus yang ada. Dan pada bab 3 membahas mengenai proses media relations, dimana terdapat bagian Perencanaan yang merinci dengan point Analisis Lingkungan Internal Organisasi, Analisis SWOT, Model Perencanaan Rope, Model Perencanaan Kisi-kisi Perencanaan, kemudian dilanjut dengan implementasi dan yang terakhir evaluasi. Bab ini juga menjelaskan secara rinci mengenai proses-proses yang dilakukan dalam media relations dan tidak lupa pula cara praktis dan contoh kasus atau contoh perencanaan, implementas dan evaluasi yang dilakukan oleh suatu organisasi.
Bagian kedua dalam buku ini membahas mengenai Pendekatan Media Relations dengan bab 4 yaitu Strategi media relations yang mengulas banyak tentang bagaimana mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Dimana 18 halaman ini mampu memberikan suatu inspirasi atau cara bagi pembaca dalam menggunakan strategi media relations, kemudian juga bagaimana Media Relations dan Manajemen Reputasi serta bagaimana menjaga reputasi suatu organisasi melalui media relations ini. Tentunya, reputasi sangat penting dilakukan bagi suatu organisasi dalam meningkatkan citra kepada publiknya. dan juga bab terakhir pada bagian ini membahas mengenai media baru dan media relations dimana menjelaskan tentang apa itu media baru, tantangan yang dihadapi dari adanya media baru serta penjelasan mengenai praktik PR dan media baru. Bagian ini merupakan salah satu bagian yang penting untuk dipahami oleh pembaca khususnya bagi para praktisi PR, dosen atau mahasiswa yang berkecimpung didunia PR.  Tidak beda dari bagian dan bab-bab sebelumnya, bagian ini juga disediakan suatu contoh kasus dan cerita dari sebuah organisasi mengenai media relations agar para pembaca dapat belajar dari pengalaman organisasi tersebut melalui cerita dan contoh kasus yang dijelaskan dalam buku ini.
Pada bagian ketiga buku ini atau bagian terakhir dengan 3 bab yang menjelaskan mengenai Praktik Media Relations. Dimana pada bab 7 menjelaskan mengenai bagaimana menjalin hubungan media yang terbagi menjadi Mediascape Indonesia dimana pada bagian ini menjelaskan bagaimana penggambaran media yang ada di Indonesia, agar para pembaca tahu bagaimana media yang akan dijadikan relasi nantinya, kemudian kebutuhan media, cara kerja media, menyusun daftar media, kode etik media dan karya-karya media. Dengan total penjelasan sebanyak 28 halaman, bab ini sangat detail menjelaskan mengenai media itu sendiri. Kemudian bab 8 membahas mengenai media relations pada saat krisis. Yang terbagi atas dua subbab yaitu penanganan krisis dan contoh rencana media relations dalam krisis, yang isinya banyak membahas mengenai krisis serta cara-cara menangani krisis. Kemudian pada bab terakhir yang membahas mengenai dimensi teknis media relations yang terbagi menjadi subbab yaitu Publisistas, Menulis Siaran Pers Menjadi Sumber Informasi Media Massa, Menyiapkan Konferensi Pers, dan juga beberapa saram. Bagian ini menjelaskan mengenai bagaimana seorang PR melakukan hubungan dengan media dengan beberapa teknis, dengan menjelaskan bagaimana cara menulis siaran pers ketika ada event atau pun terjadi krisis dari suatu organisasi, bagaimana PR dari suatu organisasi menjadi sumber informasi dari berbagai media massa serta bagaimana membuat konferensi pers dengan media yang dijelaskan melaului beberapa tips.
Selain penjelasan yang rinci pada 3 bagian besar yang ditulis Yosal Iriantara, dalam buku ini juga terdapat Glosarium atau dapat dikatakan kamus kecil untuk memahami kosakata-kosakata yang ada dalam dunia PR. Kosakata tersebut disertakan dengan penjelasan mengenai arti dari kosakata itu sendiri. Dan juga terdapat indeks mengenai kata-kata yang paling sering muncul dalam dunia PR dan dapat dicari pada halaman berapa kata-kata itu berada.

Buku ini sangat lengkap dan direkomendasikan untuk para peminat PR baik itu dosen, konsultan PR, pekerja PR dan juga mahasiswa.

No comments:

Post a Comment